Entri yang Diunggulkan

INDONESIAN POEM BY BAMBANG DARTO

THE EARLY EVENING When raining the clock is damaged and the sun is dark the day has no wind when the thunder burglarizes chest my he...

Sabtu, 24 Januari 2009

SASTRA

SASTRA, BEKAL MASA DEPAN ANAK-ANAK
Oleh: Sri Wintala Achmad


Di satu sisi, sastra merupakan media manusia untuk mengekspresikan pengalaman empirik, gagasan atau perasaannya secara kreatif. Di sisi lain, sastra merupakan produk budaya atau sebagai potret peradaban manusia. Dengan demikian, seorang kreator sastra agar dapat menciptakan karya-karyanya harus memahami perihal bahasa sebagai simbol, berbagai gaya metafor, serta kaidah-kaidah lainnya yang merupakan unsur-unsur di dalam membangun nuansa estetik.
Dikala peradaban ditumbalkan guna memenuhi gaya hidup ‘modern’, sastra justru berperan di dalam kehidupan manusia baik sebagai pembaca (apresian) maupun kreator. Bagi pembaca (apresian), sastra mampu memberikan kontribusi apresiatif terhadap kandungan nilai-nilainya dan suasana rekreatif. Suasana yang sangat kontekstual dengan zaman, manakala kebutuhan hidup kian menekan. Hingga manusia terkadang dibuat gila atau bahkan tergoda untuk melakukan bunuh diri.
Bagi kreator, sastra yang berperan sebagai media pendewasaan intelektual dan emosionalnya dapat memberikan kontribusi di dalam membangun sikap arif. Sikap yang tidak berpatron pada dimensi subjektif melainkan objektif dan universal. Sikap tersebut berpotensi di dalam membangun fondamen peradaban manusia.

Pelatihan Karya Sastra
Melalui persepsi ini, maka berbagai genre produk sastra, semisal: puisi atau cerpen layak dikenalkan nilai-nilainya baik oleh para orang tua maupun pendidik kepada anak-anak. Tentu saja di dalam pengenalan ini tidak bertujuan mutlak untuk menjadikan anak-anak sebagai sastrawan (penyair/cerpenis), melainkan manusia berkepribadian atau berperadaban tinggi.


Di samping pengenalan nilai-nilai di dalam karya sastra, para orang tua atau pendidik perlu memperkenalkan proses kreatif literer kepada anak-anak. Andaikata mereka tidak sanggup, maka para kreator sastra yang seyogyanya memiliki kepedulian di dalam menyelamatkan generasi masa depan sangat diharapkan.
Berkat dukungan media massa atau lembaga-lembaga budaya milik pemerintah dan swasta, para kreator dapat memberikan pelatihan penciptaan karya sastra kepada anak-anak. Kerja pelatihan yang sangat membutuhkan metode khusus. Di mana para kreator tidak memposisikan sebagai guru berjiwa otoriter, melainkan pengasuh bijak yang memberikan pengarahan alternatif kepada anak-anak dengan berbasis hasil kreativitas.
Dalam hal ini peran media massa adalah membuka rubrik sastra untuk anak-anak. Suatu ribrik yang diharapkan memuat karya-karya hasil kerja pelatihan sastra. Tetapi redaksi hendaklah melakukan seleksi serta memberikan catatan apresiasi terhadap karya-karya yang dikirimkan. Ini akan bermanfaat bagi anak-anak di dalam meningkatkan kualitas kreatif literernya.
Sementara lembaga-lembaga budaya di dalam menopang program pelatihan penciptaan karya sastra adalah memberikan fasilitas ruang pelatihan, pengadaan tenaga pelatih dan dana penunjang. Terkait dengan hal tersebut, lembaga-lembaga budaya yang dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan hendaklah memikirkan terhadap pentingnya perealisasian program pelatihan penciptaan sastra bagi anak-anak.

Metode Pelatihan Karya Sastra
Agar anak-anak gemar mencipta karya sastra, pelatih harus merumuskan metode pelatihan yang tepat, efektif, dan mendapatkan hasil optimal. Metode yang dimaksud berbeda dengan metode pembelajaran sastra di lingkup akademis. Di mana pelatih tidak perlu menekankan teknis-teknis baku di dalam penciptaan karya sastra di dalam ruang kelas bersuasana penjara. Pelatih hendaklah membiarkan anak-anak melakukan proses kreatif sastranya di alam terbuka, seperti: taman, kaki pegunungan, sawah, pantai, tepi sungai atau ruang-ruang terbuka lainnya.


Di ruang-ruang terbuka itulah, pelatih dapat memberikan motivasi kepada anak-anak guna menuliskan perihal yang diamati, dicerap, dan direnungkannya, sebelum menuangkan ide kreartif literernya serta merevisinya. Sesudah karya dianggap sempurna, maka pelatih hendaklah memahami apa dan bagaimana anak-anak itu mengekspresikan pengalaman empiriknya melalui media sastra. Pemahaman ini yang kemudian menjadi dasar pelatih di dalam memberikan pengarahan yang menunjang proses kreatif literer anak-anak di masa mendatang.
Selain memberikan motivasi kepada anak-anak untuk menciptkan karya sastra, pelatih pula dapat memotivasi mereka guna mengirimkan karya-karyanya ke media massa. Ini dimaksudkan guna melatih anak-anak di dalam melakukan kompetisi sehat di bidang kreativitas literer, dan membangun nyali untuk mengomunikasikan karya-karyanya ke ruang apresiasi publik. Dalam jangka panjang, pempublikasian karya sastra tersebut dapat memberikan rasa percaya diri pada anak-anak manakala berada di tengah lingkungan keluarga, sekolah, pergaulan, dan di antara orang-orang baru yang masih asing di dalam lingkungan kehidupan pribadinya.
Rasa percaya diri yang dipupuk semenjak anak-anak belajar sastra tersebut niscaya menjadi bekal di dalam menyikapi berbagai persoalan pelik di dalam kehidupannya. Persoalan yang dapat dipecahkan melalui metode penulisan karya sastra. Agar mendapatkan solusinya yang tepat, maka persoalan harus dipelajari dan dipahami sebelum merumuskan langkah-langkah pemecahannya, serta mengaplikasikan rumusan tersebut di dalam kehidupan sehari-hari.
Rasa percaya diri pula dapat ditangkap sebagai modal utama anak-anak di dalam mendapatkan dua kunci keberhasilan. Pertama, kunci di dalam memupuk keahliannya yang tidak terbatas pada bidang sastra, melainkan bidang-bidang lainnya. Kedua, kunci di dalam membina hubungan kerja sama yang baik dengan pihak lain. Dengan demikian, teramat naïf apabila pelatihan sastra kepada anak-anak sekadar menjadikan mereka sebagai ahli pencipta karya sastra.

Pesan buat Orang Tua
Tidak dipersalahkan apabila masih teramat jarang atau mungkin tidak ada orang tua yang mendambakan anak-anaknya menjadi sastrawan. Sebaliknya, banyak orang tua cenderung mendambakan anak-anaknya yang disekolahkan tinggi-tinggi untuk menjadi pegawai negeri, dokter, insinyur, atau bahkan presiden. Fakta ini harap dimaklumi. Karena sastrawan yang diklaim oleh sebagian besar orang tua sebagai manusia aneh tersebut tidak memiliki masa depan emas. Bukankah sastrawan di negeri ini cenderung dianggap sebagai manusia sampah yang miskin materi?
Ditandaskan akhirnya agar orang tua tidak melarang anak-anak untuk belajar sastra yang diharapkan menjadi bekal di masa depan. Tentu saja bukan bekal untuk mendapatkan kesuksesan materi, melainkan keberhasilan di dalam memperkokoh kepribadiannya. Hingga dipahami, sastra tidak ubah api di kawah candradimuka yang bakal menggodok kepribadian jabang tetuka sebagai pembela kebenaran dan kemanusian.

Sanggar Gunung Gamping Indonesia, 09112008

Sumber Foto:
https://yunjumiati.files.wordpress.com/2011/01/100_3018.jpg
http://putusutrisna.blogspot.co.id/2014_02_01_archive.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar